Pages

Minggu, 24 Februari 2013

profil band AC/DC

profil band AC/DC

AC/DC
AC/DC merupakan salah satu band Rock yang cukup berpengaruh pada perkembangan musik cadas. Bareng ama Led Zeppelin ama Black Sabbath, AC/DC merupakan pengusung aliran Hard Rock adan Heavy Metal.

Band ini kebentuk taon 1973 di Sydney oleh kakak-adik Angus ama Malcolm Young. Nama AC/DC (yang bererti arus listrik searah/2arah) diambbil dari adik perempuan mereka yang pas itu baru ngebaca buku listrik.

Setelah beberapa pergantian personil diawal tahun sejak berdirinya AC/DC, akhirnya terbentuk juga foemasinya, yaotu ; Dave Evans (vokal), Rob Bailey (pembetot bass), dan Young bersaudara di gitar. Dengan Line-up ini, mereka manggung keliling aussie tapi tepat sebelum mereka memulai album pertamanya, semua personil kecuali Young bersaudara diganti ama Bon Scott (waktu itu profesinya masih jadi sopir bus) di vokal, bassis diisi ama Maek Evans, terakhir di posisi drum di tunggangi ama Phil Rudd.

Nggak kayak formasi pertama yang cuman bertahan beberapa saat, kali ini AC/DC lebih solid, terbukti dengan para pemusik di wadah AC/DC ini sukses nelurin 3 album, berturut-turut antara lain; "High Voltage" (1974), "TNT" (1975) disusul "Dirty Deeds Done Dirty Cheap" (1976). Setelah sukses ngegelar konser tur di Aussie, Inggris, ama Amrik ngebikin band rock satu ini terkenal dengan image sebagai band liar, gila, ama fun. Kalo kalian ngeliat gimana Angus Young ngemainin gitarnya, kalian pasti paham...bahkan dalam setiap konser Angus selalu nyiapin tabung Oksigen buat ngebantu napasnya seabis mainin gitar supaya kaga pingsan, lets say "Powerful" :P. Di awal 1977 Evans minggat terus di re-place ama Cliff Williams.

Dengan anggota baru itu, mereke ngerekam album "Let There Be Rock" yang sukses ngangkangin posisi no.1 di charts lagu Amrik. Gak puas dengan itu, nyusul "Powerage" dan album live "If You Want Blood, You Got It" mulai dari sini (1978) fans dari AC/DC terdongkrak tajem.

1979-1980an Kesuksesan AC/DC ngejadiin mereka jadi ikon Rock, mereka bnener-bener jadi superstar saat itu. Sebabnya; album legendaris mereka (bisa disamain dengan "The Black Album"-nya Metallica) "Highway To Hell", album pertama mereka yang kejual labih dari sejuta kopi.Tragisnya, gak lama kemudian frontman mereka ditemuin tewas di mobil sahabatnya setelah mabuk berat malemnya.

Seolah gak pengin lama-lama berduka, AC/DC langsung nge-rekrut Brian Johnson terus ngerilis "Back in Black" yang ngerefleksikan betapa mereka kehilangan seorang Scott. Album yang mereka rekam itu terjual ehm sekali lagi terjual sekitar 42 JUTA KOPI di seluruh dunia. Kontan AC/DC bener-bener ngedominasi skema musik rock saat itu. Lagi, "For Those About To Rock We Salute You" (1981) mengantarkan mereka merajai charts Amrik.

1982, sambil ngerekam "Flick Of The Switch" Rudd mutusin buat cabut. Simon Wright dateng buat ngisi kekosongan yang ditinggalin Rudd. Bareng Simon AC/DC ngerekam "Fly On The Wall" (1985), "Who Made Who" (1986) and "Blow Up Your Video" (1988). Tahun pertengahan 80-an aliran musik rock klasik yang diusung AC/DC mulai ngedapet tantangan dari para generasi baru yang segar. Dengan munculnya aliran "New Wave Of Heavy Metal" yang dipelopori oleh Def Leppard bareng grupnya, Iron Maiden lalu disusul ama GnR, Metallica, dan Van Halen. 1988, kembali terjadi pergantian, Wright digantiin ama Chris Slade , tapi di taon 1994 Slade hengkang terus digantiin ama jagoan lawas;Rudd!!. Dengan komplitnya personil mereka, keluarlah album "Ballbreaker" (1995) ama "Stiff Upper Lip" (2000).

Memasuki taon-taon Millenium baru, pesona,karisma ama semangat AC/DC nggak bisa dibilang tambah kendur. Bahkan mereka sukses masukinb nama mereka di nomer 5 band paling sukses di sejarah dunia musik Amrik setelah The Beatles, Led Zeppelin, Pink Floyd dan The Eagles. Ac/DC juga masih eksis manggung dimana-mana.

Kini setelah lebih dari 30 taon band ini berdiri,yah gaek banget memang, tapi AC/DC tetep jadi influence buat pencinta rock di seluruh dunia dengan sound mereka yang unik dan lirik yang kuat serta nggak ketinggalan, cara Angus ngemainin gitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About